Pembukaan & Jebakan Catur - Pembukaan Ponziani



Ini ialah salah satu cabang dari Permainan Bidak Raja Variasi Normal Nf3 Nc6 yang tidak begitu populer. Sayang sekali bahwa pembukaan ini memiliki banyak kelemahan, tetapi bagaimanapun juga terdapat jebakan-jebakan di pembukaan ini. Feel Enjoy & Relax

Pembukaan punziani adalah sallah satu contoh pembukaan yang sangat menekankan pada penguasaan petak pusat. Langkah ketiga putih bertujuan sebagai enyokong jika putih nantinya akn mendorong d4. Langkah ini sebenarnya telah sesuai dengan prinsip utama pembukaan catur yaitu menguasai petak pusat. Akan tetapi, kelemahan dari langkah ini adalah perwira putih yang akan kurang mobilitas dalam perkembangannya.


Rencana putih untuk mendorong bidak dengan cepat pada langkah ketiga tersebut adalah langkah yang sangat sederhana sehingga hitam akan mudah mencapai keseimbangan posisi dalam pembukaan ini tanpa mengalami banyak masalah. Dalam pembukaan ini, hitam memiliki banyak peluang untuk melakukan serangan balik. Hal inilah yang mengakibatkan pembukaan ini jaranng dimainkan di level turnamen.

0 Response to "Pembukaan & Jebakan Catur - Pembukaan Ponziani"